Vaksin Sinovac Mendapat Persetujuan Darurat Untuk Anak Di China

Vaksinasi sudah terbukti ampuh untuk mengendalikan wabah, bahkan memberantas dan menghilangkan wabah dan penyakit di dunia seperti cacar dan polio. Kedua, pengembangan vaksin Covid-19 Merah Putih yang merupakan kerja sama PT Bio Farma dengan Sinovac asal Tiongkok. Ketiga, pasokan vaksin dari komitmen empat perusahaan yaitu Astrazeneka, Simovac, Cansino dan Sinopharm. Menurut Huang dari CFR bahwa langkah Presiden Xi Jinping untuk menawarkan vaksin China di seluruh dunia sebagai “barang publik” juga memungkinkan Beijing untuk membentuk citra dirinya sendiri sebagai pemimpin dalam kesehatan international Game Slot Online. Sejauh ini, kapasitas industri saat ini memang diprediksi tidak akan cukup untuk memproduksi vaksin Covid-19 hingga 2024. Memiliki akses terdepan untuk mendapatkan vaksin Covid-19 dapat membantu pemulihan ekonomi Indonesia yang saat ini terguncang akibat pandemi.

Indonesia dan China bekerja sama untuk produksi vaksin covid

Adapun, Menlu juga menjelaskan bahwa ada dua gedung yang akan menjadi fasilitas produksi vaksin Corona milik Bio Farma. Gedung 21 akan digunakan untuk produksi vaksin Sinovac dan Gedung forty three akan menjadi fasilitas produksi vaksin lainnya, baik yang melalui mekanisme multilateral. Pada 20 September 2020, tim ahli dari Sinovac telah mengunjungi fasilitas produksi milik Bio Farma dan sekaligus melakukan observasi pelaksanaan uji klinis tahap ketiga. Namun, diperlukan kerja sama seluruh masyarakat Indonesia untuk bisa menyukseskan upaya ini. Kedua negara akan mengatasi hambatan pandemi, berinovasi dengan mannequin interaktif dan meneruskan hubungan persahabatan tradisional antara China dan Indonesia. Kemudian mendukung sejumlah proyek baru berkualitas tinggi dan mempercepat konsultasi tentang kode etik di Laut Cina Selatan untuk menjadikannya sebagai tema kerja sama di wilayah itu.

JAKARTA, investor.id – Indonesia mengharapkan Tiongkok untuk bisa berbagi dosis vaksin lewat skema vaksin multilateral Covax Facility. Dengan diterimanya persetujuan Emergency Use of Listing dari Organisasi Kesehatan Dunia atas vaksin Sinopharm dan Sinovac, maka peran Tiongkok diharapkan semakin besar dalam mengatasi kesenjangan vaksin dunia. Yang tak kalah penting dari pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 itu sendiri adalah langkah-langkah dalam mengelola limbah vaksin. Limbah tersebut adalah spuit dan jarum, sisa vaksin, botol atau ampul vaksin, kapas alkohol, masker serta sarung tangan medis, juga alat pelindung diri lainnya.

Pertemuan antara pemerintah Indonesia dengan pihak AstraZeneca dari Inggris menghasilkan kesepakatan kerja sama mengenai pengadaan 100 juta vaksin pada tahun 2021. Indonesia juga telah berupaya meminta kepada pihak dari negara Inggris untuk dapat memastikan terkait keamanan dari vaksin yang disediakan sebagai hasil dari kerja sama bilateral yang dilakukan. Termasuk Indonesia juga sudah memastikan bahwa kesepakatan kerja sama ini sudah dituangkan dalam dokumen resmi berbentuk Letter of Intent. Adapun kesepakatan ini terkait proyek strategis yang kini sedang dikerjakan oleh BUMN, seperti kerja sama Indonesia sebagai hub regional untuk produksi vaksin, pembangunan pabrik bahan baku obat yang selama ini 90 persen import dan penelitian dan pengambangan obat natural. Upaya vaksinasi massal China, yang memberikan 723,5 juta dosis vaksin per 3 Juni, saat ini hanya terbuka untuk mereka yang berusia 18 tahun ke atas.

Wang Yi menambahkan, pihaknya berkeinginan untuk terus bekerja sama dengan Indonesia mendorong keterjangkauan vaksin Covid-19 di negara berkembang dan negara muslim. Ia menambahkan, saat ini pemerintah melalui Lembaga Biomolekuler Eijkman dan Universitas Airlangga juga terus berupaya menggelar serangkaian penelitian untuk menemukan vaksin tersebut. Dari kunjungan itu, Indonesia juga telah menerima rencana investasi Shandong Timber and Wood Association sebesar 1,35 miliar dolar AS atau Rp 19,6 triliun di kawasan industri di Indonesia.