Langkah

Selama menjalani isolasi mandiri di rumah, sediakan pula alat oximeter agar Anda dan keluarga bisa memantau kadar oksigen dalam darah secara berkala. Di Indonesia, jumlah pasien yang terinfeksi virus Corona atau COVID-19 terus bertambah. Agar tingkat penyebarannya tidak semakin parah, pemerintah menyarankan masyakarat untuk tetap berada di rumah dan menerapkan protokol isolasi mandiri, terutama bagi yang mengalami gejala COVID-19.

Wakil Bupati Demak Ali Makhsun mengatakan, Satgas covid-19 Kabupaten Demak tidak akan mentoleransi warga terkonfirmasi covid-19 yang tidak taat menjalani isolasi mandiri. Orang yang sakit COVID-19 dan orang-orang yang berisiko direkomendasikan untuk membatasi kontak dengan hewan pendamping dan hewan-hewan lain. Beberapa anjing dan kucing yang berkontak dengan manusia yang terinfeksi dinyatakan positif COVID-19.

Organisasi Kesehatan Dunia sendiri menyarankan agar setiap pasien COVID-19, baik bergejala atau tidak, untuk dirawat di fasilitas kesehatan. Hal ini untuk memastikan perawatan yang diterima memadai, sebuah langkah yang sempat diwacanakan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Dilansir dari laman resmi Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nasional, poin pertama isolasi mandiri atau isolasi diri yakni harus tinggal di dalam rumah dan tidak boleh berinteraksi dengan orang lain.

Hanya saja, tak sedikit pula yang merasa ragu untuk isolasi mandiri di rumah lantaran sejumlah alasan. Tak terasa sudah sepuluh bulan kita menghadapi pandemi Covid-19. Mungkin Smartcitizen Daftar Slot Terpercaya sudah merasa lelah karena harus menggunakan masker setiap keluar rumah, tidak bepergian jika bukan urusan mendesak, dan mematuhi serangkaian protokol kesehatan lainnya.

Penuhnya rumah sakit rujukan Covid-19 membuat banyak pasien positif terpaksa untuk isolasi mandiri di rumah. Nantinya, dr. Iwan menjelaskan, setiap orang yang positif COVID-19 namun tanpa gejala bisa langsung datang ke resort dengan membawa KTP/kartu keluarga dan hasil SWAB positif. Namun sebelumnya masyarakat yang akan menggunakan fasilitas isolasi mandiri ini diharuskan untuk meminta rujukan ke Puskesmas terlebih dahulu. Lalu bagaimana ya jika tempat isolasi mandiri pasien Covid-19 tidak memenuhi kriteria di atas?

photo/istock/AerialPerspectiveWorksMengonsumsi vitamin dan suplemen dapat meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi virus Covid-19. Minum air putih sebanyak tiga liter sehari untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi agar proses penyembuhan makin cepat. Sediakan pula tempat sampah khusus untuk menampung tisu dan masker yang sudah digunakan. Perlengkapan makan seperti piring, sendok, gelas dan garpu serta perlengkapan mandi seperi handuk, sikat gigi, sabun juga harus berbeda. Hindari menerima tamu dari luar dan batasi jarak berkomunikasi dengan keluarga sejauh satu meter dengan durasi maksimal 15 menit. Hal ini untuk menghindari virus menyebar lebih banyak lewat udara dan menempel pada permukaan benda.

Cara untuk isolasi mandiri

Atau pastikan jarak minimal 1,8 meter dengan orang lain bila terpaksa tidur di tempat yang berdekatan. REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN — Pasien Covid-19 tanpa gejala disarankan isolasi mandiri di rumah mencegah penyebaran virus agar tidak meluas. Komite Pencegahan dan Pengendalian Infeksi RSA UGM, Trimuryani Nugraheni, mengingatkan, isolasi mandiri tidak bisa sembarangan. Pasalnya, virus Corona atau SARS-CoV-2 dapat menyebar bahkan dari orang yang tidak merasakan gejala. Jadi, seseorang bisa saja tertular atau menularkan virus ini tanpa menyadarinya.