Khawatir Covid

Selain itu, kata Dicky, pemerintah juga harus berempati dengan pengorbanan masyarakat yang rela tidak mudik selama Lebaran 2021 ini demi mematuhi kebijakan. Dicky mengatakan pemerintah mestinya mengambil langkah memperkuat pembatasan dan melakukan screening ketat dengan tidak menerima kedatangan warga dari negara manapun. Mereka diketahui menumpang pesawat China Southern Airlines dengan nomor penerbangan CZ8353 dari Shenzhen.Adapun dari hasil pemeriksaan oleh Kemenkes, terdapat dua WN China yang positif Covid-19 pada gelombang pertama ini.

Rencana pemberlakuan pajak pertambahan nilai untuk bahan pokok, termasuk beras dan sembako mengundang reaksi politikus PKS Mardani Ali Sera. “Kementerian Kesehatan menyebut jika hasil karantina tak terbukti terinfeksi corona, baru mereka dipulangkan ke keluarga masing-masing,” ucap Haryadi mencontohkan pernyataan pihak Kementerian Kesehatan. Haryadi beralasan masyarakat Natuna bukan menolak kedatangan WNI itu di daerah setempat, tetapi telanjur khawatir dengan isu virus Corona yang berasal dari Negeri Tirai Bambu tersebut. Menanggapi rencana itu, Komite Nasional Pemuda Indonesia Kabupaten Natuna, Kepri, menyarankan WNI yang dipulangkan dari Wuhan, China dikarantina di Kapal Republik Indonesia .

“Saya menyarankan dimoratorium dulu kedatangan WNA saat rakyat dilarang mudik,” ujar Andre. Semua koper yang masuk ke Singapura dari Eropa, juga ditempatkan dalam karantina selama 14 hari di fasilitas khusus atau diisolasi pada saat kedatangan. Pada 24 Desember, kepala badan pengontrol penyakit Afrika mengatakan varian baru dari virus korona baru muncul di Nigeria. Pada 21 Desember, pejabat kesehatan Australia mengatakan dua orang yang bepergian dari Inggris tiba di negara itu dengan pressure baru. “Atau mendapatkan pertimbangan izin khusus secara tertulis dari kementerian atau lembaga,” ujar dia. Langkah tersebut diambil sebagai tindakan pencegahan sementara varian yang pertama kali diidentifikasi di India diteliti.

Afrika Selatan baru-baru ini menolak saran dari pemerintah Inggris bahwa variannya lebih menular daripada yang ada di Inggris. Para ilmuwan bersikeras tidak ada bukti terkait hal itu, atau pun bahwa mutasi di sini membuat virus lebih mematikan. Namun demikian, para pakar kesehatan menyatakan kekhawatiran mendalam mengenai kekritisan program vaksinasi global . Kekhawatiran yang masuk akal karena varian Afrika Selatan mungkin lebih resisten,” kata Profesor Shabir Madhi, yang memimpin uji coba vaksin Oxford-AstraZeneca di Afrika Selatan, dilansir BBC.

China kedatangan varian baru covid

Sebab, masuknya rombongan WNA ke Indonesia di tengah larangan mudik, pasti akan menimbulkan pertentangan di tengah masyarakat dan memunculkan persepsi publik bahwa kebijakan soal pencegahan penularan Covid-19 tidak berlaku secara adil dan menyeluruh. Namun, otoritas Jepang mengatakan aturan baru tidak berlaku untuk sepuluh negara Asia yang telah disetujui Tokyo untuk skema khusus untuk meringankan pembatasan perjalanan. Dilansir dari aljazeera.com, pejabat kesehatan di provinsi Ontario Kanada pada 26 Desember melaporkan dua kasus pertama varian Covid-19 di negara itu yang pertama kali ditemukan di Inggris. “Penduduk Inggris dan Irlandia serta warga negara Inggris yang telah berada di India dalam 10 hari terakhir sebelum kedatangan, mereka harus menyelesaikan karantina resort Daftar Slot Terpercaya selama 10 hari sejak kedatangan,” imbuhnya.

Seluruh penumpang, kata Arya, juga sudah dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh pihak KKP Kementerian Kesehatan. Arya memastikan para WNA China tersebut juga telah mengantongi izin dari instansi terkait untuk bekerja di Indonesia. Seluruh penumpang, menurutnya, juga sudah dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh pihak KKP Kementerian Kesehatan.