Ini Yang Perlu Diperhatikan Pemain Saham Pemula

Anda juga bisa memahami istilah-istilah yang kerap digunakan di industri saham. Jangan membeli saham dari rekomendasi orang lain, lakukan analisa sendiri, dan mulailah belajar dengan membaca buku, di web, mengikuti kelas atau youtube. Untuk investasi saham jangka panjang, saham perusahaan di sektor barang konsumsi dan perbankan selalu menjadi pilihan terbaik. Saat akan membuat rekening efek, calon investor perlu membawa fotokopi KTP, NPWP dan halaman depan buku tabungan serta menyiapkan materai Rp6000 minimal 2 buah. Setelah itu, calon investor harus menyetorkan dana ke rekeningnya.

Saya senang mengikuti materi ini secara on-line, kapan pun saya mau pause dan mulai tidak berbatas waktu, harus stay pada jam yg sama. Materi nya padat, dibandingkan dengan harga nya sangat murah untuk three hari. Yang paling saya suka dari workshop ini analisa bandarmologi dan basic, membuat saya mengerti harga saham tidak di gerakan oleh ekonomi, tapi oleh bandar. Workshop ini belajar saham dari nol ini bener-bener kulit dari workshop-workshop yang lain yang diadakan oleh CTS. Walaupun kulit, ilmu yang diberikan sangat menginspirasi, apalagi buat orang awam. Saya merupakan salah satu alumni yang sering ikut workshop CTS dengan tujuan untuk update ilmu seputar saham.

Transaksi ini bisa dilakukan melalui petugas perusahaan sekuritas yang kamu hubungi via telpon, atau kamu ajukan sendiri dengan mendatangi kantor perusahaan sekuritas terkait. Selanjutnya, kamu yang sudah menentukan perusahaan mana yang akan dibeli sahamnya harus mengunduh aplikasi online buying and selling. Jadi, setiap perusahaan sekuritas akan memiliki aplikasi yang berbeda-beda untuk digunakan nasabahnya. Jika kamu sudah menyetorkan saldo pertama, maka rekening saham pun siap diproses dan kamu sudah menjadi bagian dari penggerak pasar modal sebagai investor. Sehingga terkait hal ini, penulis hendak menyampaikan sebagai berikut.

Masalah-masalah eksternal seperti masalah politik dalam maupun luar negeri sangat mungkin membuat harga saham anjlok tiba-tiba. Bisa juga harga saham tidak beranjak sama sekali selama beberapa waktu. Hal-hal seperti ini bisa membuat kita gregetan dan tidak sabar ingin menjual saham. Hal tersebut tentu berbeda dengan mereka yang menggunakan saham sebagai instrumen investasi jangka panjang, karena mereka akan lebih rutin membeli ataupun menabung uangnya untuk membeli saham. Pada buku ini juga dijelaskan, walaupun hanya sebagai investor saham pemula, harus bisa menjadi pemilik bisnis bukan hanya menjadi konsumen. Selain itu meskipun hanya memiliki 1 lot saham kita sudah menjadi pemilik perusahaan tersebut dan berkesempatan untuk mengikuti RUPS.

“Cobalah membuat buying and selling planatau semacam rencana bisnis untuk saham serta rencanakan money administration. Setelah disusun, dicoba mulai dari nilai yang kecil dulu, kalau ada yang kurang, direvisi lagi… begitu terus awal-awalnya,” terang Dendy. “Beli saham tidak perlu modal gede. Ada beberapa sekuritas yang buka akun cuma dengan Rp100.000,” kata Tirta pada 21 Oktober 2019, seperti dilansir Antara.

Begitulah pelajaran berharga yang bisa kita ambil dari perjalanan investasi saham Lo Kheng Hong. Berawal dari kondisi ekonomi yang kurang, beliau tidak patah arang. Berbagai pengetahuan dilahap, hidup hemat dan selalu menyisihkan uangnya, diiringi metode analisis yang benar, hingga akhirnya keuntungan luar biasa didapatkan.

Investasi dengan tingkat risiko tinggi ini sangat tidak disarankan bagi Anda yang ingin investasi untuk tujuan jangka pendek, misal 1-2 tahun saja dan sebaiknya Anda tidak berinvestasi secara asal-asalan. Big caps adalah istilah untuk saham-saham dengan nilai kapitalisasi pasar yang besar sehingga tidak mudah ‘digoreng’ atau dimanipulasi oleh investor dengan modal besar. Kapitalisasi saham-saham ini bisa mencapai angka Rp40 triliun. Walaupun dana yang diinvestasikan termasuk receh jika dibandingkan dengan Lo Kheng Hong, investor pemula tetap harus punya ‘pegangan’ serupa dalam memahami perusahaan yang akan dibeli.

Memperlajari saham

Dijamin deh, kamu akan semakin fokus belajar bahasa Inggris dan mendapat hasil maksimal. Mengikuti pengarahan dari konselor SUN Education sebelum berangkat ke negara tujuan. Selama siswa studi di luar negeri, konselor kami pun akan selalu siap membantu. Konselor SUN Education akan membantu dalam hal pengurusan tiket pesawat, akomodasi dan penjemputan di negara tujuan.

Bila perusahaan tidak begitu menguntungkan sebaiknya jangan dipilih. Kedua adalah kamu harus jeli dalam melihat perkembangan saham perusahaan tersebut. Ketiga bila perlu kamu minta pertimbangan dan nasihat dari dealer. Meski dihitung per lembar, cara beli saham juga tak bisa dilakukan dengan pembelian per lembar, tetapi harus dilakukan dalam 1 lot. Sementara yang basic, ya tetap harus tahu kondisi ekonomi. “Dominasi investor retail domestik tuh kalau dilihat dari rata-rata nilai transaksi harian bursa. Rata-rata nilai transaksi harian,” ujarnya.