Coverage Temporary Akuntabilitas Penanganan Pandemi Covid

Yang sangat penting diperhatikan adalah bahwa partisipasi publik ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari akuntabilitas dalam penanganan covid-19. Semakin tinggi partisipasi publik, baik aktif maupun pasif, diharapkan penanganan covid-19 oleh pemerintah semakin akuntabel di semua aspek seperti akuntabilitas kebijakan, akuntabilitas anggaran, akuntabilitas data/informasi dan akuntabilitas dalam penegakan hukum covid-19. Dalam konteks penanganan covid-19, ada dua jenis partisipasi publik yang bisa dilaksanakan pemerintah, yakni partisipasi publik aktif dan partisipasi publik pasif. Partisipasi publik aktif berkaitan dengan keterlibatan publik dalam mempengaruhi proses perumusan kebijakan publik, sehingga dihasilkan kebijakan publik yang lebih baik dan sesuai dengan aspirasi masyarakat. Sementara partisipasi publik pasif merupakan partisipasi dimana masyarakat terlibat dalam pelaksanaan sebuah kebijakan yang sudah diputuskan oleh pemerintah.

Keringanan ditujukan untuk proses memandikan dan mengafani karena ketika pasien COVID-19 meninggal virus masih ada di tubuhnya dan dapat menular kepada orang yang berkontak, dalam hal ini orang yang melakukan proses pengurusan. Almarhum Saefullah, Sekretaris Daerah DKI Jakarta, yang meninggal karena COVID-19 juga dimakamkan di TPU yang tidak menyediakan lahan khusus COVID-19. Yang penting, proses penguburannya sudah sesuai dengan protokol kesehatan. Sementara itu, Direktur Kesehatan Keluarga di Kementerian Kesehatan, Erna Mulati, dalam kesempatan yang sama mengatakan Kementerian Kesehatan sudah bekerja sama dengan pemda untuk menyusun panduan kesehatan bagi perempuan dan anak korban kekerasan. “Masih ada daerah yang belum punya Rumah Aman. Kalaupun punya saat pandemi ini akses terbatas. Harus patuh protokol kesehatan, menyertakan hasil rapid check,” tutur Theresia. Bencana banjir kali ini tentunya tidak hanya menyebabkan kerugian materil bagi masyarakat akibat rusaknya perabotan rumah tangga dan bangunan rumah akibat terendam banjir, namun juga menyebabkan masyarakat terlanggar haknya untuk mendapatkan lingkungan yang bersih dan sehat.

Strategi kedua adalah penelusuran kontak atau tracing contact dari kasus positif yang dirawat dengan menggunakan tes cepat atau fast take a look at. Kebijakan pembatasan sosial juga didukung dengan empat strategi yang dibuat oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 demi menekan penyebaran pandemi Covid-19. Untuk menekan laju penyebaran virus korona, pemerintah mengeluarkan Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Rangka Percepatan Penanganan Korona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Ia pun melanjutkan tahapan berikutnya ialah menguji orang-orang yang ter-exposed pasa pasien Covid-19. Kuncinya ialah perlu kerja sama untuk meningkatkan kemampuan dalam mengolah sampel dalam jumlah banyak, mulai dari isolasi RNA, sampai uji di Lab atau POC dengan tracking yang akurat. Berikutnya Arief membahas mengenai sistem dan alat pendetesi virus di dalam tubuh manusia. Menurutnya, tugas dari seorang peneliti untuk mengembangkan karakter tes yang akurat dalam sensitivity dan specificity.

Buang tisu dan masker yang sudah digunakan ke tempat sampah dengan benar, lalu cucilah tangan Anda. Gunakan masker penutup mulut dan hidung ketika Anda sakit atau saat berada di tempat umum. Jika kita menyentuh mata, hidung dan mulut dengan tangan yang terkontaminasi, maka virus dapat dengan mudah masuk ke tubuh kita. Untuk 2019-nCoV, dari kasus-kasus yang ditemukan saat ini, dampaknya tidak terlalu besar dan angka kematiannya kecil .

Penanganan bagi korban covid

Jika tahun ini pemerintah tidak sigap, dampaknya tentu akan lebih besar, mengingat saat ini penyebaran pandemi Covid-19 semakin meluas dan mengkhawatirkan. Dalam memberikan informasi, ini merupakan tugas utama internet sebagai media baru. Teknologi Internet rupanya memiliki fungsi lain yaitu menggalang dana untuk para korban bencana. Tsunami di Aceh pada tahun 2004 membuktikan bahwa web bukan hanya memiliki fungsi informatif, tetapi dapat pula menjadi lahan mencari dana.

Selain mencuci tangan, memakai masker, serta menjalani pola hidup bersih dan sehat, hindari tempat-tempat yang ramai atau berkumpul dengan banyak orang. Selama isolasi mandiri, OTG wajib melakukan pengukuran suhu 2 kali sehari, menggunakan masker, rutin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer, melakukan bodily distancing, menerapkan etika batuk, dan tinggal di kamar atau ruangan yang terpisah dari penghuni Slot Online Indonesia rumah lainnya. Jika OTG mengalami gejala demam lebih dari 380 C, maka OTG wajib menginformasikan hal ini kepada petugas pemantau. OTG merupakan istilah yang digunakan untuk orang yang positif terinfeksi virus Corona tetapi tidak mengalami gejala atau gejalanya sangat ringan. OTG tetap harus melakukan isolasi mandiri di rumah selama 14 hari, dipantau melalui telepon oleh petugas pemantau, dan melakukan kontrol setelah 14 hari isolasi mandiri.