Badan Pengawas Obat Dan Makanan

Vaksin ini juga telah melewati uji klinis fase three dan mendapatkan izin penggunaan darurat dari otoritas kesehatan di China dan Arab. Sejauh ini, pemberian vaksin Sinopharm aman dan tidak menimbulkan efek samping yang serius. Produsen obat yang didukung negara Sinopharm, yang memiliki dua suntikan menggunakan teknologi serupa dengan produk Sinovac, juga mengirimkan knowledge untuk izin pada kelompok yang lebih muda. Sebuah vaksin dari CanSino Biologics’, yang mengadopsi teknik berbeda, telah memasuki uji coba Fase II yang melibatkan mereka yang berusia antara enam dan 17 tahun. Berbagai upaya Pemerintah telah dan akan terus dilakukan untuk percepatan penanganan pandemi COVID-19 ini.

Sebagaimana pandemi virus Corona (COVID-19) masih melanda, China akan menjalin dukungan terhadap Indonesia untuk menjadi ‘pusat produksi vaksin regional’. Guna mendapatkan tambahan untuk vaksin, Menlu bergerak aktif dalam melakukan kunjungan kerja sama bilateral ke negara sahabat seperti China, Uni Emirat Arab, Swiss serta Inggris. Kerja sama bilateral tersebut dinilai sebagai modal kuat untuk pengadaan dan mencukupi stok vaksin bagi Indonesia. Pemerintah harus mampu memesan terlebih dahulu meskipun stoknya saat ini memang terbatas belum tersedia karena memang vaksin untuk pengobatan covid-19 masih dalam tahap uji klinis tahap ketiga. Rasionalitas Indonesia bergerak cepat adalah untuk berada di garis depan dan tidak didahului oleh negara lain.

Pada awal Juli, pemerintah juga menandatangani kontrak senilai US$450 juta setara Rp6,four triliun dengan Regeneron Pharmaceuticals Inc., untuk membantu perusahaan tersebut menyediakan terapi bagi para pasien COVID-19. JAKARTA – Rusia mengatakan siap untuk melakukan kerjasama, baik produksi ataupun distribusi vaksin Covid-19 dengan Indonesia. Rusia sejauh ini sudah memiliki satu vaksin yang telah didaftarkan dan tengah mengembangkan beberapa vaksin lainnya.

Tidak hanya berusaha untuk membuat kebijakan saja, baru-baru ini pemerintah juga ingin membuat vaksin untuk virus corona. PIKIRAN RAKYAT- Menteri Luar Negeri China Wang Yi siap membantu Indonesiamenjadi pusat produksi vaksin Covid-19 di kawasan Asia Tenggara. Menteri Luar Negeri China Wang Yi menyatakan keseriusan negaranya membantu Indonesia sebagai pusat produksi vaksin COVID-19. Sementara itu, Luhut juga menyampaikan apresiasinya kepada China atas dukungan mereka yang tepat waktu dalam menyediakan vaksin covid. Luhut berharap, dapat terus bekerja sama dengan China dalam hal vaksin, penelitian dan pengembangan obat, serta pertukaran tenaga medis. Indonesia dan China pun akan dengan tegas mendukung upaya satu sama lain dalam mewujudkan pembangunan nasional, mendorong perdamaian dan stabilitas di regional, serta menegakkan keadilan internasional juga hak dan kepentingan negara berkembangan.

“Ada dua yang ditandatangani untuk ketersediaan vaksin hingga forty juta dosis vaksin mulai November 2020 hingga Maret 2021,” ujar Menlu Retno dalam pengarahan media secara daring, Kamis (20/8) malam. Dari artikel Kompas.com yang lain dijelaskan Indonesia bekerja sama dengan perusahaan asal China untuk memproduksi vaksin virus corona jenis baru penyebab Covid-19. Vaksin Covid-19 dari perusahaan asal China ini telah diserahkan kepada PT Bio Farma untuk diuji klinis pada masyarakat Slot Online Indonesia Indonesia. Kerja sama ini mencakup dukungan untuk pembangunan pusat produksi vaksin regional di Indonesia serta mendorong lebih banyak produsen vaksin China untuk melakukan uji klinis di Tanah Air. Dengan memproduksi vaksin Covid-19 secara lokal, kebutuhan devisa impor dapat ditekan sehingga membantu memperbaiki neraca dagang kita. Produksi tersebut melibatkan Sinovac sebagai penyedia vaksin, sedangkan Bio Farma Indonesia akan bertanggung jawab untuk pengemasan vaksin.

Berdasarkan perjanjian kedua negara, Indonesia tidak hanya menjadi penyalur vaksin dari Cina untuk kawasan Asia Tenggara, namun juga berpartisipasi dalam proses produksi vaksin tersebut yang melibatkan bahan lokal. “Kami akan memperkuat kerja sama dengan ASEAN untuk mengatasi hambatan-hambatan dan mempercepat konsultasi Kode Etik Laut China Selatan, secara aktif melaksanakan kerja sama maritim demi terpeliharanya perdamaian dan stabilitas kawasan dalam jangka panjang,” ujarnya. PARAPAT, KOMPAS.com – Pemerintah Indonesia dan China telah menandatangani kesepakatan kerja sama di berbagai bidang strategis. Antara lain kesediaan untuk bekerja sama dengan Indonesia dalam penyediaan vaksin Covid-19, proyek ekonomi besar, pengembangan digital dan keamanan laut. “BPOM sudah melakukan pertemuan dengan otoritas UAE, dan mereka sepakat untuk melakukan sharing data mengenai uji klinis.

Indonesia dan China bekerja sama untuk produksi vaksin covid

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan bahwa hingga saat ini uji klinis berjalan dengan lancar. Vaksin mRNA bekerja dengan cara mengarahkan sel tubuh untuk memproduksi protein yang berbentuk sama seperti protein pada virus Corona. Cara kerja vaksin Sinopharm sama dengan vaksin Sinovac, yaitu memicu sistem kekebalan tubuh untuk menghasilkan antibodi terhadap virus Corona menggunakan virus yang telah dimatikan. Setelah disuntikkan, virus yang tidak aktif pada vaksin ini akan memicu sistem kekebalan tubuh untuk menghasilkan antibodi yang dapat melawan virus Corona secara spesifik. Dengan begitu, jika sewaktu-waktu tubuh terserang virus Corona, sudah ada antibodi yang bisa melawannya dan mencegah terjadinya penyakit. Vaksin ini juga sudah mendapatkan izin penggunaan darurat atau emergency use of authorization dari BPOM, serta sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia .