Catat! Ini Varian

Jika tidak, maka penyebaran virus corona jenis baru akan terus terjadi. Kesimpulannya, khalayak ramai diharapkan untuk tidak panik atau bereaksi berlebihan atas varian baru COVID-19. Sebagaimana dalam genetika virus, pengawasan secara konstan terus dilakukan melalui testing, perawatan dan vaksin agar efektivitasnya maksimal.

Beberapa varian baru covid

Penasihat ilmiah Prancis pun sempat menyepelekan masuknya varian virus corona baru di negaranya. Perlawanan virus corona akan membawa hasil maksimal kalau semua pihak menjalankan protokol kesehatan dengan disiplin. Tak hanya melaksanakan 3M tapi harus dipastikan pelaksanaannya benar dan konsisten secara bersama-sama. Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito menegaskan, kunci utama memutus mata rantai COVID-19 adalah disiplin 3M. Kepatuhan protokol kesehatan akan efektif mencegah penularan akan lebih mudah dilakukan jika pelaksanaannya kolektif, tidak sendiri-sendiri sehingga masyarakat perlu saling mengingatkan atas pentingnya mematuhi protokol kesehatan. Perbedaan yang diamati pada varian baru corona ini terutama pada struktur jarum pada protein virus, yang berbentuk lapisan luar mengkilat dari SARS-COV-2.

“Oleh karena itu, perubahan atau mutasi pada virus tidak membuat vaksin menjadi tidak efektif sama sekali,” tegas Wiku. Selain itu, studi tentang dampak pembentukan antibodi pada penerima atau efektifitas vaksin juga menjadi penting Situs Slot Judi Online Resmi di Indonesia untuk mengetahui dampak program vaksinasi. Saat ini para peneliti lembaga pemerintahan bidang kesehatan, para ilmuwan bekerja keras mengidentifikasi varian virus baru melalui Whole Genum Sequencing atau cara melihat identitas virus.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengidentifikasi varian virus baru itu secepat mungkin dengan menggunakan pengurutan genetik. Untuk bisa melawan virus, kita harus bisa membuka kode genetiknya, dan itu hanya mungkin dilakukan dengan pengurutan genom. Di awal pandemi, Vietnam dinilai berhasil melawan wabah, tetapi varian baru yang ditemukan membuat angka infeksi di bulan Mei meningkat pesat.

Dirinya juga mengatakan, ditemukannya varian virus corona B117 akan menghadapi virus Covid-19 yang jauh lebih berat. Peneliti juga masih mencari tahu apa alasan di balik tingginya penyebaran virus corona jenis baru asal Inggris di kalangan muda. Apakah proses infeksinya berbeda atau tidak, mereka masih mempelajarinya.

Pembuat vaksin yang berbasis di Maryland, Novavax, merilis hasil awal dari vaksin virus corona pada Kamis yang menunjukkan sementara vaksin mereka memiliki keefektifan lebih dari 89 persen dalam uji coba Fase 3 di Inggris. Dalam beberapa bulan terakhir, beberapa varian virus Corona baru telah muncul di seluruh dunia. Beberapa dari varian ini dapat menyebar dengan lebih mudah antarindividu. Dua varian ini adalah B117 atau varian Alpha yang awalnya ditemukan di Inggris serta B1351 atau varian Beta yang banyak ditemukan di Afrika Selatan.

Namun, Inge tak langsung menyimpulkan bahwa penemuan mutasi virus corona ini yang membuat kasus COVID-19 di Bangkalan melonjak. Ia menuturkan bahwa diperlukan penelitian epidemiologis secara komperhensif untuk bisa mengkonfirmasi dugaan tersebut. Ia mengimbau masyarakat lebih waspada dengan adanya mutasi baru tersebut, namun tidak perlu disikapi dengan kekhawatiran berlebihan. “Masyarakat tetap harus menerapkan 3M, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak dengan menghindari kerumunan,” pungkasnya. Dengan adanya varian baru yang muncul di India, pemerintah setempat langsung mengambil pencegahan cepat untuk memutus penyebaran virus Covid-19. Laboratorium sekuensing genom sedang mencari mutan yang memiliki potensi signifikan untuk sangat mempengaruhi penularan penyakit.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengajak masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan, seperti mengenakan masker, mencuci tangan, hingga menjaga jarak. Penerapan protokol kesehatan tersebut merupakan cara yang paling baik untuk mencegah penularan virus korona, khususnya terhadap beberapa varian baru yang telah masuk ke Indonesia. Saat ini, tersedia vaksinasi untuk lansia di Jakarta, jangan lupa ya untuk mendaftar vaksinasi. Salah satu jenis virus yang sangat cepat bermutasi adalah virus influenza. Karena itulah para peneliti terus mengembangkan vaksin influenza untuk menanggulangi varian baru virus hasil mutasi.

Untuk variants of concern , ada empat virus corona yang dimasukkan ke dalam golongan ini. Kampanye 3M merupakan satu paket protokol kesehatan yang sangat diperlukan masyarakat untuk mencegah penularan COVID-19. Himbauan ini perlu dipatuhi dan dijalankan secara disiplin, mengingat langkah ini adalah rekomendasi dari para ahli dan dokter.