Biaya Ditanggung Pemerintah, Seorang Pasien Covid

Karena itu, pasien Covid-19 yang dirawat di RS nonrujukan biaya perawatannya tak ditanggung pemerintah. Bagi pelaku usaha perhotelan yang menjalin kerja sama, konsekuensinya mereka tidak bisa dikunjungi tamu common. Artinya ketika mereka sudah bekerja sama, resort tersebut benar-benar untuk merawat pasien penderita Covid-19 terutama pasien OTG dan dengan keluhan ringan, yang mau melakukan isolasi mandiri. Selain itu, pemerintah menyiapkan fasilitas flat isolasi mandiri di Tower 5 Wisma Atlet Kemayoran.

Tidak bisa kita pungkiri, Covid-19 memang banyak berdampai dalam berbagai aspek kehidupan kita. Bahkan saat kita terinfeksi Covid-19 pun, kita masih harus membayar biaya perawatan rumah sakit yang tidak sedikit jumlahnya jika berobat di rumah sakit non-rujukan pemerintah. Selain faktor usia, pasien dengan penyakit komorbid atau penyakit penyerta juga tidak bisa di mendapat perawatan di RSD Wisma Atlet. dr Nurrobi mengatakan pasien dengan penyakit komorbid akan diarahkan ke rumah sakit yang perawatannya lebih memadai. Pemerintah menganggarkan Rp3,5 triliun untuk penyewaan lodge sebagai tempat isolasi free of charge bagi orang tanpa gejala atau mereka dengan keluhan ringan.

“Pukul 9.45, kami diberikan snack seperti roti, odading, plus susu. Jam 10 pagi, kami wajib kembali masuk ke kamar masing-masing. Setelah makan siang pukul 12.30 WIB, kami harus kembali ke kamar untuk istirahat,” bebernya. Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, diperuntukkan bagi pasien dengan gejala berat. “Untuk usia di sini karena biasanya tidak didampingi, sehingga disarankan usia mandiri,” jelas dr Nurrobi.

Ruang-ruangnya yang telah ditata dengan manajemen rumah sakit untuk pasien, untuk dokter, untuk paramedis. “Apabila pasien positif yang meskipun gejala ringan tetapi membawa penyakit komplikasi yang lain, maka kita rujuk. Karena rumah sakit ini tidak didesain untuk menangani penyakit lain,” kata Eko. Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan Kementerian Kesehatan dr. Rita Rogayah, Sp.P , M.A.R.S. mengatakan penentuan pasien konfirmasi ke rumah sakit atau hotel Daftar Slot Online Terpercaya 2021 isolasi mandiri harus ada rujukan dari faskes. Berbeda dengan pasien yang ada keluhan atau bergejala itu langsung dirujuk ke rumah sakit. Wisma Atlet Kemayoran sebagai flat isolasi bagi pasien positif corona yang rumahnya tak memiliki fasilitas memadai untuk isolasi.

Wisma atlit gratis bagi penderita covid

Klaim ini dilakukan oleh rumah sakit rujukan yang melakukan pelayanan dan perawatan pasien infeksi rising tersebut sesuai daftar rumah sakit rujukan yang ditunjuk oleh Menteri. Wisma Atlet Kemayoran yang semula disiapkan untuk ajang Asian Games 2018 kini beralih fungsi menjadi rumah sakit khusus untuk penderita Covid-19. Rumah sakit bagi mereka yang terjangkit virus corona tersebut mulai beroperasi hari ini. Setelah mendaftar dan menyerahkan berkas yang diminta, saya kemudian menuggu antrian. Secara kebetulan, pasien yang antri saat itu cukup banyak, sehingga hampir 2 jam saya menunggu baru mendapat panggilan pertama.

Saya berada di ruang ICU selama kurang lebih 30 menit kemudian saya diminta untuk menuju ruang antrian ke kamar tempat saya menginap. Lagi-lagi karena antrean banyak, saya baru bisa masuk kamar setelah menunggu kurang lebih three jam. Selain fasilitas kesehatan, ada pula fasilitas akomodasi yang disiapkan selama masyarakat menjalani isolasi 14 hari di resort tersebut. Kalaupun fasilitas isolasi mandiri di Wisma Atlet Kemayoran masih kurang, saat ini pemerintah telah menyiapkan resort bintang dua maupun bintang tiga yang bisa digunakan untuk isolasi mandiri.

Para tenaga medis terdiri dari tenaga medis TNI, Polri, BUMN termasuk dari rumah sakit swasta dan kelompok yang memiliki kemampuan untuk memberikan tenaganya. Rumah sakit darurat Wisma Atlet dibangun khusus untuk merawat pasien yang menunjukkan gejala ringan dan sedang. Terkait persentase ruang isolasi dr. Rita mengatakan masih tersedia 40% – 50%.

Setelah kembali ke rumah, Yahya mengaku diwajibkan untuk menjalani isolasi mandiri lagi selama tiga hari. dr Fify Mulyani, MARS, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta menjelaskan hotel disiapkan khusus bagi pasien COVID-19. Tetapi, pasien COVID-19 ditegaskan tidak bisa memilih untuk menjalani isolasi di lodge atau RSD Wisma Atlet. Ruang perawatan intensif untuk pasien berat dan kritis di rumah sakit Jawa Barat mulai merangkak naik. Protokol kesehatan dimaksimalkan untuk mengantisipasi lonjakan kasus yang berdampak pada keterisian rumah sakit. Pasien yang harus dirujuk ke RS lain sebanyak 210 orang, sedangkan tiga pasien meninggal dunia, dan satu pasien meninggalkan lokasi tanpa izin.